Blog

Blog

Asal Usul Mie

Asal Usul Mie

Pernah mencari Jasa Catering Jakarta untuk menu Mie?? Pasti pernah dong ya, siapa sih yang tidak kenal dengan Mie, Makanan berbentuk adonan tipis panjang yang telah digulung, dikeringkan dan dimasak dalam air mendidih ini merupakan salah satu Menu Sarapan Pagi, Menu Makan Siang, dan Menu Makan Malam yang popular setelah nasi di kawasan Asia. Mie diperkirakan telah ada sejak 4.000 tahun lalu. Namun sejarah asal usul mie masih simpang siur.  Bangsa Italia, Cina dan Arab masing-masing mengklaim sebagai pencipta mie.

Menurut sejarah, mie pertama dibuat di daratan Cina saat zaman Dinasti Han pada tahun 25-200 AD. Mie kemudian berkembang ke negara-negara Asia Tenggara seperti Jepang, Korea dan Taiwan. Tak berhenti sampai di situ, setelah Marco Polo berkunjung ke Cina, ia membawa serta mie pulang ke Eropa sebagai oleh-oleh. Pada perkembangannya, mie yang dibawa Marco Polo ke Eropa berubah menjadi pasta seperti yang kita tahu saat ini.

Di pasaran, mie dibagi ke dalam 3 jenis berdasarkan tingkat kematangannya :

1.     Mie Basah.
Mie basah adalah mie yang belum dimasak, memiliki kandungan air cukup tinggi yaitu sekitar 52%, cepat basi dan hanya bisa bertahan satu hari. Mie basah biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan mie ayam.

2.      Mie Kering
Mie kering adalah mie yang dipasarkan dalam bentuk kering. Mie yang disebut juga mie telur ini memiliki kandungan air rendah, hanya sekitar 13%. Berbahan baku dasar telur dan tepung terigu mie kering proses pengolahannya dikeringkan dengan oven atau dijemur hingga kering sebelum dikemas dan dipasarkan. Mie jenis ini sering digunakan sebagai bahan baku mie rebus atau mie goreng.

3.      Mie Instan
Mie paling praktis dan paling popular ini sudah menjadi pelengkap wajib persediaan makanan masyarakat kini. Kandungan air yang hanya sekitar 5-8% membuatnya bisa awet lebih lama dibanding jenis mie lainnya. Mie instant sebenarnya adalah mie yang sudah matang, karena mie ini dikemas setelah proses pengeringan dengan digoreng atau dipanaskan

Menu yang menjadi saingan dari Mie tidak lain adalah Menu Nasi Kotak / Menu Nasi Box. Nah bingung mau pilih Mie atau Nasi Kotak? Jangan risau, Waroeng Western menyediakan kedua menu tersebut. Ada Mie Ponti Bakar, Mie Keriting Pontianak, Mie Ayam BBQ, dan masih banyak lagi.

Lagi Mager di Rumah atau Kantor? YUK Pesan skrg.

Caranya Pemesanan:        
A. Via Gojek    
    1. Buka Aplikasi Gojek, Pilih Go-Food dan Cari Resto “Waroeng Western”            
    2. Pilih menu     
    3. Tentukan lokasi pengiriman dan kamu tinggal menunggu :D

B. Via CS Cantik Waroeng Western    
    1. Add line @waroengwestern (pakai @ yah) atau WA: 08997075899  
    2. Kontek dan kita bakal bantu pesanin makan siang kamu

Ditunggu orderan nasi kotaknya.

0 Comments

Leave a Comment

Refresh